Senam Lantai

by - August 27, 2018


Pernahkah kalian melaksanakan pelajaran olahraga di sekolah? Pastinya ada materi tentang senam lantai, yaitu senam yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa Inggris Gymnastics, atau Belanda Gymnastiek.

Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya merupakan serapan kata dari bahasa Yunani, gymnos, yang berarti telanjang. Menurut Hidayat (1995), kata gymnastiek tersebut dipakai untuk menunjukkan kegiatan-kegiatan fisik yang memerlukan keleluasaan gerak sehingga perlu dilakukan dengan telanjang atau setengah telanjang. Hal ini bisa terjadi karena teknologi pembuatan bahan pakaian belum semaju sekarang, sehingga belum memungkinkan membuat pakaian yang bersifat lentur mengikuti gerak pemakainya.

Dalam bahasa Yunani
, gymnastics diturunkan dari kata kerja gymnazein, yang artinya berlatih atau melatih diri. Latihan-latihan ini diperlukan bagi para pemuda Yunani Kuno ( sekitar tahun 1000 SM hingga kira-kira tahun 476) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai cita-cita negara serta untuk menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis.

Para filosof seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles telah mendukung program-program latihan fisik ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan keindahan dan kecantikan, kekuatan, serta efisiensi gerak
.

Senam lantai adalah bagian dari senam artistik (ketangkasan)
, Senam artistik (dengan alat) yang memiliki beberapa kelas yang diperlombakan. Untuk kategori putra adalah senam lantai, kuda-kuda, gelang-gelang, palang sejajar, dan horizontal. Untuk kategori putri adalah palang rintang, palang seimbang, dan senam lantai. Beberapa hal yang ditekankan pada kegiatan senam adalah keindahan, kelincahan, kekuatan dan kelentukan tubuh.

2 Contoh Senam Lantai dan Cara Melakukannya

Roll Belakang
Guling ke belakang adalah menggulingkan badan ke belakang ,dimana posisi badan tetap harus membulat,yaitu kaki dilipat,lutut tetap melekat di dada,kepala ditundukan sampai dagu melekat di dada.

  a. Sikap permulaan dalam posisi jongkok,kedua
      tangan di depan dan kaki sedikit rapat
  b. Kepala ditundukan kemudian kaki menolak
      ke belakang
  c. Pada saat panggul mengenai matras,kedua
      tangan segera dilipat ke samping telinga dan
      telapak tangan menghadap ke bagian atas
      untuk siap menolak
  d. Kaki segera diayunkan ke belakang melewati
      kepala,dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat  dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras,ke sikap jongkok

Kayang
Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut dan panggul. Nilai dari pada gerakan kayang yaitu dengan menempatkan kaki lebih tinggi memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang.
Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang.
a. Sikap permulaan berdiri, kedua tangan menumpu pada pinggul.
b. Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala di lipat ke belakang.
c. Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan.
d. Posisi badan melengkung bagai busur.

Sumber: gambar google

You May Also Like

0 comments