Analisis SWOT dan Contohnya

by - August 09, 2018

Kamu pasti pernah mendengar apa itu analisis SWOT, apalagi bagi kamu anak SMA pasti akan mendengar istilah ini pada pelajaran Kewirausahaan dan kadang akan diberi tugas untuk mencari tahu tentang hal itu dan membuat contohnya. Nah, disini saya akan membantu Anda sekalian untuk mengetahui apa itu analisis SWOT dan Contohnya.


Apa itu analisis SWOT?
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

1. Strengths (Kekuatan)
Dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis, Anda sebagai wirausahawan harus dapat menemukan apa kekuatan/ kelebihan dari produk Anda. Hal ini diperlukan agar produk anda dapat bersaing dengan produk lain dan tentunya pikirkan agar produk yang ingin Anda buat itu menarik.

2.  Weaknesses (Kelemahan)
Anda juga harus dapat menemukan kelemahan dari produk Anda, karena tidak ada yang sempurna. Sebaik apapun bahan yang Anda gunakan untuk membuat produk tentunya masih ada kelemahan yang terdapat didalamnya.

3. Opportunities (Peluang)
Untuk bagian ini, Anda harus dapat menganalisis peluang Anda dalam pasar, seperti apakah masyarakat (konsumen) akan tertarik dengan produk Anda? atau apakah produk Anda dapat bersaing dengan produk lain yang notabene buatan pabrik?.

4. Threats (Ancaman)
Pada bagian ini, Anda harus dapat menemukan ancaman dari produk yang akan Anda buat dan akan dijual. seperti akan sepi pembeli karena banyak produk yang lebih baik dari produk Anda dll.

Contoh Analisis SWOT
Disini saya mempunyai botol bekas air mineral dan saya berencana akan membuatnya menjadi celengan. maka analisis Swot saya adalah:

1. Strength (Kekuatan)
    a. Produk cocok untuk semua kalangan masyarakat
    b. bahan mudah didapat
    c. tampilan celengan unik
    d. harga terjangkau

2. Weakness (Kelemahan)
    a. produk gampang rusak
    b. produk mudah ditiru

3. Opportunity (Peluang)
    a. Tempat penjualan Strategis

4. Threats (Ancaman)
     Banyaknya pesaing yang memiliki produk buatan pabrik.


Sekian pembahasan saya tentang Analisis SWOT beserta contohnya. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 

You May Also Like

0 comments