Miliki Software dasar ini kalau mau Coding

by - August 14, 2018

Sharing Pengalaman.


Saya mengenal Coding saat kelas 3 SMP dan mulai aktif membuat script-script coding simple berupa PHP (Hypertext Preprocessor) dan HTML (Hypertext Markup Language) dengan cara manual dan itu sangat melelahkan wkwkwk.... Saat itu saya masih menggunakan notepad untuk menulis script saya dan saat itu sangat sulit untuk mencari dan memperbaiki  jika ada salah satu code yang salah.


Sebelum itu, apa itu coding? Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka, dan simbol (script) yang membentuk program. Berikut ini adalah software-software dasar yang harus kalian miliki kalau mau coding menurut saya.

1. Notepad++

Silahkan download dulu:

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.


Jadi, jika kita menggunakan Notepad++ untuk membuat script kita, maka kita akan mudah untuk mengkoreksinya karena setiap kode yang kita ketik memiliki warnanya masing-masing (harus disave dalam bentuk .php atau .html).

2. Xampp

Silahkan download dulu:

XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

Jadi, jika kita ingin menguji script yang sudah kita buat, kita harus membuat suatu server yang berdiri sendiri (localhost). Dan juga dengan menggunakan software ini, kita bisa menguji script secara offline.

Nah itu saja software-software dasar yang saya sarankan untuk Anda jika ingin coding. Jika kalian ingin belajar coding silahkan googling saja. Jujur saya dulu hanya membuat script-script simple seperti foto yang ada di notepad++. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Sumber: Foto Google, Software notepad-plus-plus.org dan apachefriends.org.

You May Also Like

2 comments