Hal-hal yang perlu diketahui tentang Android 8.0 Oreo

by - August 08, 2018


Saat ini, hampir semua orang miliki Smartphone / ponsel pintar dan untuk menjalankannya dibutuhkan suatu sistem operasi bernama Android yang di kembangkan oleh Google dan selalu mengupdate atau meningkatkan sistem operasi android mereka setiap tahunnya dan saat ini, versi terbaru dari android adalah Android O atau Android Oreo.


Apa itu Android Oreo?
Adroid Oreo adalah pembaharuan besar dalam sistem operasi android dan diberi label Android 8.0. Sebelumnya, Android Marshmallow  diberi label 6.0 dan Android Nougat diberi label 7.0-7.1. Namun, dalam versi yang lebih lawas seperti Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, dan KitKat, semuanya diberi label 4.x pembaruan.
Dapat kita lihat disini bahwa semua versi dari Android memiliki tema "pencuci mulut". Oreo menandakan bahwa google telah mejalin kerjasama dengan merk tertentu setelah sebelumnya mejalin kerjasama dengan KitKat.

Apa saja fitur dari Android Oreo?

1. Picture-in-picture
Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuka dua aplikasi atau lebih, dalam satu layar sekaligus. Berbeda dengan fitur Split Screen yang ada di versi Android sebelumnya, yang mana dapat digunakan membuka dua aplikasi dengan membagi layar menjadi dua, fitur picture-in-picture dapat menampilkan aplikasi dalam bentuk floating seperti aplikasi di sistem operasi Windows. Pengguna dapat menggesernya ke lokasi yang diinginkan.

 Dengan fitur baru ini, pengguna dapat membuka video atau map bersamaan dengan mengakses hal lainnya. Namun, belum banyak aplikasi yang mendukung fitur ini. Selain itu, setiap aplikasi memiliki persyaratan yang berbeda-beda agar dapat digunakan dalam mode floating ini.


2. Notification Dots
Merupakan sebuah tanda titik yang bisa muncul di bagian atas logo aplikasi yang menandakan bahwa terdapat notifikasi yang belum dibuka pada aplikasi tersebut.


Melalui fitur ini juga pengguna bisa melihat notifikasi apa saja yang belum dibuka dengan lebih cepat dan lebih mudah hanya dengan menekan dan tahan (tap and hold) aplikasi tersebut. Pengguna juga bisa mendapatkan akses cepat (shortcut) dari beberapa pekerjaan di sebuah aplikasi hanya dengan melakukan cara yang sama seperti ketika mengecek notifikasi.

3. Autofill with Google
Kita menggunakan "Autofill" setiap hari di Google Chorme, dan sekarang Google menghadirkan iterasi ke seluruh sistem ke Android. Jika Anda pernah memberi tahu Google Chrome untuk menyimpan detail ( save password ) di peramban, Anda akan dapat menggunakan informasi itu untuk mengisi bidang secara otomatis di Android Oreo.



Sebagai contoh, Anda dapat masuk ke akun Facebook di ponsel Anda menggunakan nama akun dan kata sandi yang disarankan yang diingat Google dari penjelajahan Chrome Anda. Ini akan berfungsi untuk sebagian besar aplikasi, dengan anggapan Anda ikut serta ke fitur tersebut.

 
4. Smart Text Selection
Smart Text Selection adalah fitur baru lainnya yang dirancang untuk membuat interaksi sehari-hari dengan ponsel Anda menjadi kurang membosankan. Misalnya, jika email berisi nama restoran atau kafe dengan lebih dari satu kata, Anda dapat menggandakan ketukan salah satu kata, dan itu akan memilih seluruh nama restoran atau cafe itu.
Lebih penting lagi, ini dapat mendeteksi seluruh alamat; jadi dengan mengetuk dua kali bagian mana pun dari suatu alamat akan secara otomatis memilih semuanya. Terlebih lagi, ketika dipilih, sistem tahu itu alamat dan menawarkan Anda pilihan untuk menavigasi ke sana menggunakan Google Maps, bersama dengan opsi memotong, menyalin dan format yang biasa. Ini sama untuk nomor telepon atau alamat email, secara otomatis.
 
5. Google Play Protect
Google telah memutuskan dengan Android Oreo bahwa mereka ingin membuat upaya untuk menjaga ponsel Anda lebih aman. Di layar aplikasi dan permainan, kartu kecil muncul untuk memberi tahu Anda bahwa itu memindai semua aplikasi Anda untuk memastikan mereka tidak mengandung sesuatu yang berbahaya ( virus dll ).


6.
OS Optimisations

Dengan Android Oreo, Google telah melakukan beberapa pekerjaan serius di backend untuk meningkatkan kecepatan. Itu berarti, boot up telepon Anda akan memakan waktu jauh lebih singkat daripada saat ini. Dengan Pixel, Google mengklaim boot lebih cepat dua kali lipat. Ini juga berarti bahwa aplikasi memuat lebih cepat dan lebih lancar secara default, tanpa pekerjaan apa pun yang dibutuhkan oleh pengembang. 

7. Keyboard navigation
Google menambahkan "model yang andal dan dapat diprediksi" untuk navigasi "panah" dan "tab" yang membantu pengembang dan pengguna, kata perusahaan itu.


8. Background limits
Untuk meningkatkan daya tahan baterai perangkat Android, Google berencana mengurangi aktivitas latar belakang aplikasi di Android Oreo. Android kini dapat membatasi cara aplikasi berfungsi di latar belakang, sehingga meningkatkan masa pakai baterai pengguna dan kinerja interaktif perangkat.

You May Also Like

0 comments