Cara menjaga kesehatan mata

by - August 10, 2018

Saat ini, teknologi sudah berkembang dengan pesat. Dimana-mana semua sudah memakai komputer untuk bekerja dan hampir semua orang memiliki smartphone / ponsel pintar dan rata-rata orang menghabiskan waktunya untuk menatap layar handphone mereka karena memang dengan kehadiran  smartphone kita dimudahkan karena semua dapat kita lakukan dengan hanya meng-klik pada layar handphone Anda.


Namun tahukah Anda bahwa jika kita terlalu sering menatap layar yang notabene memancarkan sinar radiasi dapat merusak mata kita. oleh karena itu ada pepatah yang mengatakan "Mencegah lebih baik dari pada Mengobati". Untuk itu sebelum mata kita rusak karena bermain hp dan karena penyebab lainnya, Yuk kita jaga mata kita dengan cara:

1. Kurangi bermain handphone
Jika Anda adalah orang yang kecanduan bermain handphone, ada baiknya anda mengurangi waktu Anda untuk bermain handphone. Banyak sekali hal-hal lain yang bisa kita lakukan selain bermain handphone dan tentunya jika kita mengurangi bermain handphone kita dapat menjaga mata kita.

2. Mengkonsumsi buah-buahan
Banyak yang mengatakan bahwa Wortel baik untuk mata dan memang Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Anda dapat memakan wortel dengan cara membuat jus atau mencampurkan irisan wortel di dalam sup.


3. Kurangi penggunaan obat tetes mata
Terkadang kita merasa seperti ada sesuatu di mata kita, entah itu karena debu atau hal lainnya dan kadang, setelah bermain handphone pun mata terasa sakit dan jika kalian menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan mentimun
Jika anda merasa mata anda lelah, Anda bisa menggunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.


5. Jangan membaca dengan cahaya minim
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Masih banyak lagi kiat-kiat untuk menjaga kesehatan mata, namun saya hanya akan membagikan 5 hal diatas saja. Sekian pembahasan saya tentang cara menjaga kesehatan mata, semoga dapat Anda terapkan dan semoga mata Anda sehat-sehat saja.

You May Also Like

0 comments