Penyebab Laptop HP Mati Tiba-Tiba dan Cara Merawat Laptop

by - October 10, 2018

Penyebab Laptop HP Mati Tiba-Tiba Ketika Digunakan Ini bukan saja bisa terjadi pada laptop HP tetapi juga sering menjadi permasalah umum pada laptop merk lainnya. Cara mengatasi laptop HP yang mati tiba-tiba pun bermacam-macam, tergantung dari pemicunya. 

Hal ini tidak kalah menjengkelkan dengan laptop yang mati total ketika dihidupkan. Laptop mati tiba-tiba saat digunakan bisa sangat mengganggu terutama laptop mati ketika anda belum menyimpan pekerjaan anda atau ketika anda belum menyelesaikan proses download. Sama seperti keadaan laptop mati total anda bisa melakukan beberapa cara untuk memastikannya sebelum membawanya ke tempat service. 


Berikut adalah beberapa penyebab laptop yang tiba-tiba mati dan cara mengatasinya yang bisa anda coba:
1. Suhu yang Terlalu Panas atau Overheat Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa salah satu kelemahan yang dimiliki laptop HP adalah lebih cepat panas bahkan overheat ketika digunakan secara terus-menerus. Selain itu, salah satu penyebab suhu laptop HP naik adalah ketika meletakkan laptop di permukaan yang empuk seperti kasur, hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop HP anda tersumbat dan udara panas sulit keluar. Inilah yang kemudian menyebabkan hardware di dalamnya menjadi panas sehingga menyebabkan laptop anda mati secara tiba-tiba. 

Solusi untuk laptop HP yang overheat, anda bisa meletakkan laptop HP pada permukaan yang rata dan keras seperti di atas meja agar sirkulasi udara pada laptop anda tidak terganggu. Hindari meletakkan laptop diatas paha, bantal, dan tempat tidur. Jika laptop HP anda masih mengalami overheat bahkan setelah disimpan di permukaan yang keras dan rata, cobalah untuk menggunakan cooling pad agar sirkulasi udara lebih cepat terganti. 

2. Laptop yang Berdebu Debu yang menempel juga bisa menghalangi sirkulasi udara pada laptop anda sehingga menjadikan laptop HP semakin cepat panas dan tiba-tiba mati pada saat sedang digunakan. Laptop HP akan mati secara mendadak ketika hardware yang terdapat di dalamnya tidak dapat bertahan akibat panas. Untuk mengatasinya, anda bisa coba untuk membongkar laptop HP yang anda miliki lalu bersihkan debu-debu yang menempel pada setiap bagian yang ada. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas yang lembut. 

Saat anda membersihkannya, pastikan juga untuk membersihkan bagian saluran udaranya juga. Meskipun hal-hal di atas sudah umum terjadi pada pengguna lainnya laptop, alangkah lebih baik lagi jika anda sebagai pengguna laptop bisa merawat laptop anda dengan baik sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 


Beberapa cara untuk merawat laptop anda yaitu: 
1. Tidak menggunakan laptop untuk bermain game dengan kapasitas yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. 
2.  Jauhkan minuman dari laptop untuk mencegah tumpahnya minuman tersebut ke laptop anda.
3. Tidak menindih laptop dengan barang yang berat. Membersihkan layar laptop HP secara rutin. Menjauhkan laptop HP anda dari sinar matahari. 
4. Tidak sembarangan mengunduh software dari internet. 

Intinya, merawat laptop dengan baik adalah salah satu cara untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada laptop HP anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda untuk menambah pengetahuan mengenai cara mengatasi laptop HP yang tiba-tiba mati. Selamat mencoba!!

You May Also Like

0 comments