Cara Mengatasi susah BAB

by - August 21, 2018


Pernahkah kalian merasakan susah untuk buang air besar? Pasti rasanya tidak nyaman bukan? Ketika kita sudah capek jongkok di atas jamban tapi tidak ada apa-apa yang keluar, pastinya sedih kan... wkwkwk... oke, kali ini saya ingin membagikan cara agar BAB kita lancar, tetapi tidak boleh digunakan sering-sering, hanya boleh digunakan sekali-sekali. Jika kalian terus saja susah untuk BAB, kalian harus segera memeriksakannya ke dokter terdekat.

Penyebab BAB susah keluar
1. Pengaruh gaya hidup. Pola hidup yang tidak sehat seperti makan-makanan yang kurang serat dan kurang cairan menyebabkan BAB susah keluar. Malas berolahraga juga dapat menyebabkan BAB susah keluar.

2. Menunda buang air besar. Mungkin anda pernah untuk menunda buang air besar karena suatu alasan tertentu. Hal itu juga dapat membuat BAB susah keluar.

3. Pengaruh obat-obatan. Beberapa obat yang anda konsumsi mungkin memiliki efek samping yang dapat membuat anda susah untuk buang air besar.

4. Kondisi kesehatan tertentu. Pada kasus yang jarang terjadi, kesulitan untuk buang air besar bisa dianggap pertanda adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, fisura ani, penyakit radang usus, kanker usus besar atau dubur, hingga kelainan saraf seperti pada multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang.

Cara Mengatasi susah BAB

1. Gunakan posisi jongkok.

Ketika kita jongkok, rektum dan lubang anus sama-sama tegak lurus 180 derajat dengan lantai. Karena tidak lagi mengalami penyempitan dan tidak lagi melawan gaya gravitasi, posisi jongkok akan mempermudah jalan keluar tinja. Jika anda memiliki toilet duduk, ada baiknya anda menambahkan kursi kecil sebagai pijakan kaki anda sehingga kaki membentuk 180 derajat.

 2. Menggunakan obat pencahar.

Tentunya, hal yang paling mudah untuk mengeularkan tinja yang susah keluar adalah dengan meminum obat pencahar. Namun, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan pengarahan dokter.

3. Menggunakan Larutan gula

Bedasarkan pengalaman saya, nomor 1 dan juga 3 ini adalah hal yang paling cepat untuk mengatasi susah BAB. Anda dapat membuat larutan gula ini ketika susah BAB. Caranya, masukkan 3 sendok gula dan 300 ml air panas dan 200 ml air dingin (agar menjadi hangat) dan minum. Cara ini tidak boleh digunakan terus menerus.

Sekian artikel saya kali ini tentang cara mengatasi susah BAB, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. ingat, apapun efek samping yang anda alami ketika mencoba saran-saran saya diatas, saya tidak bertanggung jawab.

Sumber: https://www.alodokter.com/setidaknya-ada-6-penyebab-susah-buang-air-besar, gambar Google

You May Also Like

0 comments