Aturan dasar, sarana dan prasarana dalam bulutangkis

by - August 24, 2018


Bulutangkis adalah olahraga yang disukai di seluruh dunia, juga jutaan orang di segala usia. Olahraga ini membutuhkan perubahan kecepatan, kecepatan reaksi, daya tahan dan kekuatan otot, serta kerja jantung yang tinggi. Maka, jangan heran jika kalian bermain bulutangkis, pasti banyak sekali keringat yang keluar wkwk...


Untuk dapat bermain bulutangkis, kita harus menyiapkan beberapa peralatan yang wajib seperti raket, cock, pakaian, sepatu, kaus kaki pendek, dan lapangan. (tentunya juga harus ada lawan, karena kalau main sendiri ntar gimana yak? Wkwkwkw....)

Dalam permainan bulu tangkis, terdapat beberapa peraturan diantaranya:

4.1 Memulai permainan

Memulai permainan dengan undian koin, putar raket atau undian dengan gabus cock mengarah ke pemain yang ditunjuk. Pemenang tos berhak memilih dulu yang kalah kemudian, pilihannya adalah :
Service terlebih dahulu, Menerima service terlebih dahulu, Memilih tempat, atau Menyerahkan ke lawan.

4.2 Posisi di lapangan saat pengolaan permainan

Pelaku service berdiri di kotak service sebelah kanan. Penerima service berdiri di seberang lapangan disamping sebelah kanan, partner boleh berdiri ditempat yang telah tersedia yang lain dimana tidak menerima service.

4.3 Posisi yang seharusnya saat melakukan service

  • Tunggal : Jika poin genap berada di kotak service sebelah kanan, pada poin ganjil berdiri dikotak sebelah kiri.
  • Ganda : Pelaku service berdiri dikotak service disesuaikan dengan poin yang diperoleh, service hanya dilakukan sekali karena sistem skoring terbaru dalam permainan bulutangkis menggunakan rely point. Siapa tim yang menang rely dia berhak mendapatkan tambahan angka.

4.4 Memulai permainan

Pelaku service berdiri dikotak service sebelah kanan penerima service berdiri disebelah kanan berseberangan. Penerima tidak boleh bergerak sampai pelaku sevice memukul cock.

4.5 Aturan service

a. Kaki tidak boleh bergeser atau tetap di lantai saat melakukan service.
b. Cock dipukul pada gabus.
c. Pukulan tidak boleh melebihi pinggang.
d. Kepala raket harus berada di bawah atau sejajar pegangan raket.
e. Gerakan raket ke depan harus secara berkesinambungan.

4.6 Pada waktu bermain

  • Tunggal : angka diperoleh jika pelaku service menang rely, berhak melanjutkan service dan berpindah kotak service.
  • Ganda : jika tim menang rely mereka berhak mendapatkan poin, berhak melakukan service berikutnya. Apabila kalah rely maka penerima service berhak mendapatkan poin. Dalam permainan ganda service hanya dilakukan sekali sesuai dengan aturan baru bahwa penghitungan angka menggunakan sistem raly poin. Pelaku service adalah dia yang berada di kotak service dimana disesuaikan dengan perolehan angka (poin genap di kotak sebelah kanan, poin ganjil di kotak sebelah kiri)

Hal-hal yang menjadi kesalahan:
a. Cock mendarat diluar daerah lapangan.
b. Pemain, raket, atau baju menyentuh net saat cock masih dalam
permainan.
c. Cock dipukul dengan dua kali pukulan.
d. Pasangan penerima memukul luncuran service dari lawan.
e. Ayunan pukulan tidak benar.

4.7 Permainan atau raly dihentikan bila :

a. Menyentuh lantai.
b. Menyentuh badan.
c. Menyentuh baju seseorang.
d. Cock dipukul sebelum melewati net.

4.8 Akhir permainan

Poin terakhir dalam sistem raly poin adalah 21, jika terjadi perolehan poin yang sama maka terjadi penambahan poin. Penentuan kemenangan diperoleh dari selisih poin 2 angka dari lawannya. Batas akhir dari selisish angka tersebut adalah angka 30, atau jika pemain yang mendapat anggka 30 terlebih dahulu dia yang keluar sebagai pemenang.

Nah, apakah anda sudah memahami peraturan dalam permainan bulutangkis? Jika sudah, hal yang selanjutnya harus anda pahami adalah sarana dan prasaran. Berikut ini uraiannya.


Ukuran Lapangan : Panjang : 13,40 meter atau 44 feet dan Lebar : 6,10 meter atau 20 feet.
Clear Space (CS) atau daerah bebas penonton. Untuk IBF minimal : 1,25 meter sedangkan untuk PBSI : 3,00 meter (diusahakan).
Lebar garis-garis batas : 4 cm atau 1,5 inch.
Tinggi Net : Ketinggian net yang ada ditengah : 1,524 m atau 5 feet. Ketinggian net didekat tiang net/pinggir : 1,55 m atau 5 feet, 1 inch.
Tiang net/Post : Berada tepat di atas garis batas samping atau samping garis untuk double 1 feet = 30,46 cm dan 1 inch = 2,54 cm.

Sekian artikel saya kali ini tentang aturan dalam bulu tangkis dan sarana dan prasarana. Semoga dapat berguna bagi para pembaca sekalian.

Sumber: http://pomnassulsel.unhas.ac.id/files/bulu_tangkis.pdf, foto okezone.com

You May Also Like

0 comments