Sejarah singkat dan pengertian Bitcoin

by - August 07, 2018

Baru-baru ini, beberapa pemberitaan media sempat heboh dengan "Bitcoin". Namun, banyak sekali pengguna internet yang tidak mengetahui tengan bitcoin itu sendiri dan bagaimana cara kerjanya. Disini, saya akan mencoba menjelaskan tentang Bitcoin dengan simpel dan mudah dipahami. Pertama, kita harus tahu tentang sejarah Bitcoin. silahkan disimak:

1. Sejarah Bitcoin
Jadi, singkat cerita, ada sebuah mata uang digital yang bernama cryptocurrency dan pada tahun 2008, Satoshi Nakamoto (panggilan anonim) mulai mengembangkan cryptocurrency tersebut dan pada tahun 2009, uang digital yang ia buat mulai beroperasi di masyarakat dan bernama Bitcoin dan menjadi trend serta pilihan baru bagi transaksi di dunia internet.

Pada 3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto (panggilan anonim) meluncurkan 31.000 baris kode pemrograman dan mengumumkan lewat internet mata uang buatannya yang disebut Bitcoin.

Kehadiran awal Bitcoin juga ditandai oleh 50 Bitcoin pertama di dunia yang dihasilkan melalui sistem tersebut, yang kemudian dikenal dengan sebutan “Genesis Block”. Nakamoto sendirilah yang menambang “Genesis Block” itu, pada 3 Januari 2009. 

 foto: Genesis Block Raw (newsbtc.com)

2. Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu uang elektronik yang ada di Internet. Bitcoin tidak berbentuk koin, uang kertas, perak, apalagi emas. Ia tidak terlihat secara riil. Ia hanya mata uang digital. Cara kerja Bitcoin sendiri cukup unik, uang ini menggunakan jaringan peer-to-peer sebagai media transaksi yang digunakan oleh pemakainya. Untuk menggunakan Bitcoin, pengguna harus memiliki wallett (dompet digital) yang berfungsi untuk memproses transaksi menjadi data terenkripsi yang disebut sebagai block . Lalu wallett akan mengirimkan block ke jaringan peer-to-peer untuk diproses. Nah, disini nantinya sejumlah komputer akan memecahkan kode block ini dan memproses transakasi tersebut. Proses ini disebut sebagai mining dan setiap transaksi yang berhasil diproses akan diberikan reward berupa sejumlah Bitcoin.
foto: Google

Jadi salah satu cara untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan melakukan mining. Namun proses mining tidak gampang, dibutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk memecahkan kode transaksi dan tentu saja memerlukan waktu yang cukup lama.

JADI, secara simpel Bitcoin adalah sebuah mata uang digital ( cryptocurrency) yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto ( panggilan anonim ) pada tahun 2008. Untuk mendapatkan Bitcoin, maka kita harus menambangnya ( Mining Bitcoin ) dengan cara yang sangat sulit untuk orang biasa dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Sekian artikel saya untuk hari ini, semoga para pembaca sekalian dapat paham tentang apa itu Bitcoin  walaupun saya hanya menjelasakan secara singkat dan semoga dapat bermanfaat.

You May Also Like

0 comments