[MUDAH!] Cari informasi kesehatan di aplikasi SehatQ

by - November 14, 2019


GAMBARAN APLIKASI

(5/11/2019) Halo semua, pada artikel kali ini saya ingin memberi tahu kalian tentang aplikasi kesehatan yang lengkap banget namanya SehatQ. Saya menemukan aplikasi ini ketika sedang bermain sosial media, tiba-tiba muncul iklan tentang aplikasi SehatQ. Penasaran, akhirnya saya cari deh di playstore dan ternyata ada! sizenya cuman 6 MB doang loh dengan rating 4,8 yang menurut saya adalah rating yang tinggi untuk sebuah aplikasi, hal itulah yang bikin saya yakin dan tertarik untuk mengunduh aplikasi ini. Apakah memang sebagus itu?.



Dari pada rasa penasarkan tidak terjawab, saya unduh lah aplikasinya. Setelah selesai, seperti biasa saya pun membuka aplikasinya. Kesan pertama sih nyaman, karena latar dari aplikasi ini putih dan tidak bikin mata sakit dan didalam aplikasi ini terdapat beberapa menu seperti Home, Booking Dokter, Chat Dokter, Inbox dan LoginDi menu Home, terdapat tampilan seperti berikut:



Saya pun mencoba menekan “tanya dokter” dan ternyata kita disuruh untuk login dulu. Ya sudah, saya pun melakukan login dengan menggunakan google. Ya, mana mungkin kan kita tanya dokter dengan identitas "anonim", dokter pasti harus tahu dong nama kita. 

Setelah menekan “continue with google” ternyata saya disuruh untuk mengisi beberapa data lagi seperti tanggal lahir dan jenis kelamin setelah itu ternyata pendaftaran selesai dan tampilan di menu home berubah menjadi seperti ini :


Saya pun menekan “chat dokter gratis” dan masuk ke halaman “konsultasi online” dan kemudian saya menekan tombol “masuk konsultasi baru”. Hal ini juga terjadi ketika saya menekan menu Chat Dokter. Setelah itu, ternyata kita disuruh untuk mengisi beberapa pertanyaan seperti keluhan kita, tinggi badan, berat badan dan ternyata kita memiliki durasi 30 menit ketika melakukan konsultasi dengan dokter.



Di menu home juga terdapat beberapa menu informasi yang sangat penting yang bisa kita pilih seperti obat, artikel, dokter dan lainnya.


Ketika saya menekan menu "obat", saya pun masuk ketampilan obat-obatan yang ada dari abjad A sampai Z! ada juga daftar obat-obat yang sering dicari dibagian atasnya. Kalau anda kesulitan untuk mencari nama obat karena banyak sekali, kalian bisa menyortirnya dengan menekan abjad A – Z yang ada disisi kanan dan nanti akan tersortir nama-nama obat dengan awalan abjad yang kita pilih. Seperti contoh dibawah ini, saya menyortir nama obat dengan awalan huruf J.


Ketika saya menekan Jamsi 100ml, maka tampilan yang berisi detail obat pun muncul dan inforamsi yang disajikan lengkap banget mulai dari gambarnya, golongan obatnya, produsen nya, deskripsi obatnya, komposisi obat, dosis obat, aturan pakai sampai dibawahnya disediakan artikel-artikel dan penyakit-penyakit yang terkait dengan obat ini!



Masih di menu home, selanjutnya saya menekan menu artikel dan ya seperti namanya, maka artikel-artikel kesehatan pun muncul dan banyak banget sampai 324 halaman dengan 1 halaman berisi 10 artikel. Jika dikali, 10 x 324 maka ada total 3240 artikel di aplikasi ini! WOW banget!. Informasi yang disediakan pun sangat mudah dipahami dan berguna banget untuk orang awan seperti saya. Saking banyaknya artikel, saya bingung cari artikel yang saya butuhkan. Tapi ternyata disediakan juga pilihan katerogi seperti gambar berikut ini:


Ketika saya membaca salah satu artikelnya, dibagian bawah artikel bahkan diberikan catatan:

Selanjutnya, saya menekan menu dokter dan ada 11497 dokter yang ada di list mereka! WOW banyak banget dan ada juga disediakan box pencarian nama dokter dan fitur sortir berupa “urutkan”, “kategori” dan “filter”.



Dan ketika saya menekan menu rumah sakit, halaman rumah sakit juga memiliki tampilan yang hampir sama dengan halaman dokter yang mana kita bisa mencari rumah sakit dari 2349 rumah sakit yang disediakan. Ada juga disedikan box pencarian rumah sakit dan fitur sortir berupa “urutkan”, “kategori” dan “filter".



Oh iya kawan, ketika saya menekan menu Booking Dokter maka akan muncul halaman seperti yang ada divideo ini:



Setelah itu, saya menekan menu lainnya dan inilah tampilannya:


Disini ada menu “penyakit” yang menarik perhatian saya dan saya pun menekan menu tersebut. Lagi-lagi, penyakit dari abjad A sampai Z ada di aplikasi ini! kalian bisa menyortirnya dengan menekan abjad A – Z yang ada disisi kanan dan nanti akan tersortir nama-nama obat dengan awalan abjad yang kita pilih. Seperti contoh dibawah ini, saya menyortir nama obat dengan awalan huruf P.

Ketika saya menekan penyakit hati, maka tampilan yang berisi detail penyakit pun muncul dan inforamsi yang disajikan lengkap banget mulai dari gambar, pengertian penyakit, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, dan lainnya serta dibagian bawahnya disediakan artikel yang terkait dengan penyakit ini. Bahkan ada juga informasi tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum berkonsultasi dengan dokter sampai yang harus dokter lakukan saat berkonsultasi pun di berikan di aplikasi ini!


Selanjutnya dimenu promo, terdapat beberapa potongan harga dan promo lain  terkait kesehatan yang bisa kalian dapatkan dengan mengunduh aplikasi ini. Ketika saya buka, ada 92 promo lho!



Dan menu yang terakhir adalah acara. Ternyata, SehatQ memiliki banyak sekali acara yang dilakukan di beberapa rumah sakit seperti di RSIA Sentul Cikampek, Eka Hospital BSD dan banyak lagi.



KESIMPULAN SAYA

Aplikasi sehatQ ini sangat berguna bagi saya pribadi sebagai orang awam dan tentu akan sangat berguna bagi kalian semua. Hanya dengan mengunduh aplikasi yang sangat ringan yaitu 6 MB kalian bisa mendapatkan informasi dunia kesehatan sebanyak dan seluas itu.

Kita bahkan bisa berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus membayar dan tanpa harus datang bertemu dokternya langsung, durasi konsultasi yang diberikan pun terbilang cukup lama, yaitu 30 menit. Jumlah obat yang disediakan beserta informasinya pun super duper banyak, dari A sampai Z semua ada, sama halnya dengan jumlah penyakit yang disediakan beserta informasinya, dari A sampai Z juga ada!

Didalam aplikasi ini juga terdapat 3240 artikel yang sangan informatif dan enak untuk dibaca serta tentu saja menambah pengetahuan kita. Selain itu, kita juga bisa memilih dokter dan rumah sakit dengan menggunakan aplikasi ini bahkan kita dapat mem-booking dokter lengkap dengan jadwal praktik dan difasilitas kesehatan mana dokter tersebut berada.

Yang saya suka selain kelengkapan dan kemudahan informasi yang bisa kita dapatkan adalah fitur sortir-nya nya memudahkan kita untuk menyaring obat-obatan, penyakit, dokter, rumah sakit yang kita inginkan.

Jangan lupa juga, bahwa di dalam aplikasi ini terdapat promo-promo kesehatan yang bisa kalian dapatkan dan juga terdapat acara-acara yang diselengkarakan dibeberapa fasilitas kesehatan yang bisa kalian ikuti!

Dengan menggunakan aplikasi SehatQ, mencari informasi tentang kesehatan semudah memainkan media social! Tinggal tekan dan informasi yang kita inginkan akan tampil. Ayo tunggu apa lagi?! segera buka playstore kalian dan unduh aplikasi ini sekarang juga!

You May Also Like

1 comments

  1. Salam kenal ya, kak. Aku pun sering mencari informasi seputar dunia kesehatan melalui SehatQ.com yang tentunya informasi tersebut sangat bermanfaat untuk aku.

    ReplyDelete